Selasa, 23 Juli 2013

Anti-Serangga Murah dari Minyak Serai (sereh)

Serai (sereh) memiliki banyak manfaat dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti bumbu masak, teh herbal, dan dapat digunakan untuk mengusir serangga alias anti-serangga. anti-serangga ini mudah dibuat dan efektif untukk melindungi anda dan keluarga dari gangguan serangga, baik saat berada di rumah maupun di luar rumah.

Cara membuat anti-serangga dari minyak serai:
1. Sejumlah batang serai dicuci secara keseluruhan hingga bersih untuk menghilangkan kotoran, pestisida atau pengotor lainnya.
2. Batang serai dopotong-potong seukuran ibu jari dan dimasukkan ke dalam blender.
3. Tambahkan 4 (empat) sendok teh cengkeh ke dalam blender dan  diblender. Blend/giling hingga campuran berbentuk seperti bubur.
4. Tuangkan bubur serai tersebut ke dalam wadah dan tambahkan beberapa sendok makan minyak biji bunga matahari, kemudian diaduk hingga minyak tercampur dengan bubur serai.
5. Tuangkan air putih ke dalam panci kecil hingga 3/4 penuh dan didihkan.
6. Wadah berisi bubur serai ditempatkan dalam air yang telah dididihkan tadi. Tutup wadah dan usahakan agar air tidak masuk ke dalam wadah berisi bubur serai.
7. Diamkan selama satu jam agar bubur serai terpanasioleh air mendidih tadi.
8. Angkat wadah dari panci dan dibiarkan dingin selama kurang lebih satu jam.
9. Setelah dingin, bubur serai disaring untuk menghilangkanserpihan serai yang berukuran besar dengan cara menekan bubur serai menggunakan sendok saat disaring untuk memperoleh cairan sarinya.
10. cairan sari yang diperoleh dari hasil penyaringan tersebut dimasukkan ke dalam botol penyemprot. Gunakan cairan serai dengan cara menyemprotkan ke bagian tubuh yangg diinginkan.

Perhatian:
- Bahaya!! Tidak boleh digunakan pada mata atau selaput lendir lainnya.
- Awasi penggunaan pada anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar