Sabtu, 13 Juli 2013

Manfaat Minyak Atsiri Serai

Minyak atsiri merupakan minyak mudah menguap (volatile) yang diperoleh dengan meng-ekstraksi tumbuhan atau bagian tumbuhan tertentu dengan metode tertentu. Minyak atsiri dikenal juga sebagai minyak essensial (essensial oil) atau minyak terbang. Minyak atsiri terkandung dalam beberapa tumbuhan yang menjadikan tumbuhan tersebut memiliki aroma yang khas, misalnya tumbuhan serai (sereh). Minyak atsiri serai dikenal sebagai minyak serai/minyak sereh. Minyak serai memiliki banyak manfaat dan kegunaan.

Berikut adalah beberapa kegunaan minyak serai:
1. Minyak Pijat
Penggunaan minyak serai sebagai minyak pijat sudah dilakukan sejak dulu. Minyak serai memiliki sifat menenangkan dan anti-spasmodik, sehingga baik untuk digunakan sebagai minyak pijat. Caranya dengan mencampurkan sekitar 3-5 tetes minyak serai dengan 100 ml minyak carrier (misal, minyak jojoba/jojoba oil) dan gunakan untuk pijat. Minyak serai juga dapat membuat tubuh Anda lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak.

2. Mengobati Kurap
Kurap merupakan salah satu penyakit kulit yang cukup mengganggu, terutama bagi perempuan. Pengobatan penyakit kurap dengan minyak serai cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 3-5 tetes minyak serai dengan 100 ml minyak carrier. Oleskan secara merata pada area yang terinfeksi. Ulangi 3-4 kali sehari hingga sembuh.

3. Meringankan Sinus dan Melancarkan Saluran Pernafasan
Minyak serai mempunyai sifat aromatik yang kuat dan wangi yang khas. Sifat aromatik minyak serai dapat membantu melancarkan pernafasan, terutama pada penderita sinusitis. Caranya cukup dengan menambahkan 3-5 tetes minyak serai dalam air panas dan uapnya dihirup secara perlahan. Wadah air panas dapat digunakan gelas yang agak besar atau mangkuk.

4. Pengusir Serangga
Untuk mengusir serangga di rumah atau di manapun, Anda dapat menggunakan minyak serai. Caranya dengan mencampurkan 10-15 tetes minyak serai dengan 100 ml air, kemudian tuangkan campuran tersebut ke dalam botol semprot. Campuran tersebut disemprotkan ke tempat dimana terdapat serangga yang mengganggu atau bisa juga disemprotkan pada kulit Anda untuk melindungi kulit dari serangan nyamuk atau serangga lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar