Jumat, 12 Juli 2013

Khasiat Buah Manggis

Manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan salah satu buah tropis yang banyak terdapat di Indonesia. Pohon manggis dapat tumbuh mencapai 7-25 meter dengan buah berwarna merah keunguan ketika matang, tetapi ada juga varian buah manggis yang kulitnya berwarna merah ketika matang. Dalam perdagangannya, buah manggis dikenal sebagai “Ratu Buah” atau “The Queen of Fruit”.

Buah manggis memiliki khasiat sebagai antiinflamasi (anti peradangan) dan antioksidan, sehingga buah ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Buah manggis mengandung senyawa xanthone dan turunannya. Senyawa xanthone merupakan senyawa polyphenol alami yang memiliki sifat antioksidan yang tinggi, sehingga manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia. Aktivitas antioksidan senyawa xanthone lebih tinggi dibanding vitamin E dan vitamin C.

Senyawa xanthone dan turunannya telah berhasil diisolasi dari kulit buah manggis. Senyawa turunan xanthone tersebut, yaitu 3-isomangostein, alpha-mangostein, gamma-mangostein, garcinone A, garcinone B, garcinone C, garcinone D, garcinone E, maclurin, dan mangostenol.

Menurut penelitian, senyawa xanthone dan derivatnya efektif melawan kanker payudara secara in-vitro, dan merupakan obat untuk penyakit jantung.

3 komentar:

  1. Salam,,
    bagus ni infonya mas.. :)
    keep posting mas..
    kalo produk manggis yang ada di pasaran apa ya?
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      trima kasih atas atensinya.
      Saat ini banyak produk berbahan dasar manggis/kulit manggis yang beredar di pasaran. Ada yang berupa jus, teh celup, kapsul, dsb. Salah satu produknya bisa di lihat di http://www.al-askamedicastore.web.id/_item?item_id=006002
      Semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. http://agenpulsaelektrik-tokenlistrikpln.blogspot.com/

    BalasHapus